-->

Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah

Puasa menurut bahasa berarti menahan,diri dari melakukan sesuatu perbuatan. Sedangkan menurut istilah puasa adalah menahan diri dari segala sesuatau yang membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga terbenam matahari dengan disertai niat dan syarat-syarat tertentu. Puasa terdiri dari puasa wajib dan puasa sunnah. Puasa wajib ada tiga yaitu puasa ramadhan, puasa nazar dan puasa kifarat.

Puasa Ramadhan adalah puasa wajib yang dikerjakan pada bulan ramadhan selama satu bulan. Hukumnya fardu ‘ain bagi setiap muslim yang sudah mukallaf (baligh dan berakal). Sebagaimana firman Allah swt yang artinya:   Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, Maka Itulah yang lebih baik baginya. dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu Mengetahui.(Al-Baqoroh; 183-184).

Berikut adalah Jadwal Lengkap Buka puasa Ramadhan 1439 H, Imsakiyah dan Shalat hari ini untuk wilayah Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah dan sekitarnya. Jadwal diambil dari Website/Situs Resmi Bimas Islam Kemenag Republik Indonesia.

Informasi ini ditujukan kepada Bapak/Ibu umat Islam yang sedang mencari informasi mengenai jadwal puasa di daerah tersebut. Jadwal tersebut berbentuk file Excel sehingga bisa di- download. Diharapkan, setelah mengetahui jadwal dengan tepat, Bapak/Ibu bisa mengatur waktu dan mempersiapkan buka dan sahur dengan baik dan tidak tergesa-gesa.

Demikian jadwal imsakiyah di wilayah Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah dan sekitarnya.

Sesuai dengan jadwal di atas, kemungkinan besar, bulan Ramadhan kali ini berlangsung selama 29 hari, dimulai dari tanggal 17 Mei hingga 14 Juni 2018. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat bagi Bapak/Ibu dalam menunaikan ibadah puasa.

Download Filenya Disini 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel