-->

6 Cara Menggunakan Pinterest Untuk Mempromosikan Bisnis Anda

6 Cara Menggunakan Pinterest Untuk Mempromosikan Bisnis Anda

Cara terbaik untuk menggunakan Pinterest, jika Anda tidak terbiasa dengan itu, adalah sebagai papan buletin pribadi atau bisnis Anda, di mana Anda menyematkan gambar hal-hal yang Anda sukai seperti : gaya Anda, minat Anda, aspirasi Anda, atau bahkan apa pun yang dapat Anda wakili gambar dari internet.

Pinterest juga merupakan jaringan media sosial terpanas atau yang sedang hot maupun terpopuler, dengan pertumbuhan dalam 6 bulan terakhir lebih dari 4.000%. Dan orang-orang tidak hanya mengintip situs itu dan pergi; rata-rata kunjungan lebih dari satu jam, sedangkan Facebook sekitar 16 menit, LinkedIn pun hampir sama.


Bagaimana Pinterest Bekerja

Pengguna Pinterest berbagi foto yang mereka temukan online dengan "menjepit" mereka, setara dengan "suka" di Facebook. Untuk menyematkan, pengguna mengunduh bilah alat yang mengambil gambar dan mengidentifikasi situs sumber. Setelah pin Anda ada, pengguna yang mengikuti Anda, seperti teman Facebook, dapat melihat apa yang Anda sematkan. Namun apabila mereka menyukai salah satu pin Anda, mereka juga dapat menempelkannya kembali ke papan mereka sendiri.

Sekarang Anda tahu apa itu dan bagaimana cara kerjanya, bagaimana Anda bisa menggunakan Pinterest untuk mempromosikan bisnis Anda?

1. Pasarkan Produk Anda. Buat akun Pinterest untuk bisnis Anda dan sematkan gambar dari produk Anda sendiri ke papan Anda, bahkan ada ruang di bawah setiap pin untuk mendeskripsikan suatu gambar dan dapat menjelaskan secara singkat fitur dan manfaatnya. Bisnis Anda dapat memiliki beberapa papan, memungkinkan Anda untuk mengelompokkan produk berdasarkan tema, ukuran, fitur, dll. Pada dasarnya, Anda membuat katalog produk online.

2. Prospek Pengguna ke Situs Web Anda. Fitur memungkinkan Anda untuk menambahkan label harga untuk item apa pun yang Anda pin; Anda kemudian dapat menambahkan tautan yang mengarah kembali ke situs web Anda sehingga pemirsa dapat mempelajari lebih lanjut atau membeli. Ketika Anda menambahkan label harga dan tautan ke situs Anda, maka akan secara otomatis ditambahkan ke halaman “Hadiah” Pinterests; pengguna dapat mengklik "Hadiah" untuk menemukan ide hadiah hebat yang dikelompokkan berdasarkan harga. Tautan ini ke situs Anda membantu SEO di luar halaman Anda dan mengarahkan lalu lintas berkualitas ke situs Anda.

3. Pamerkan Layanan Anda. Tidak punya produk untuk dijual? Anda masih dapat mempromosikan bisnis Anda dengan membuat semacam resume visual di Pinterest. Jika Anda mendesain landscape, misalnya, posting gambar instalasi Anda; jika Anda seorang desainer interior, posting gambar kamar favorit Anda.

4. Tingkatkan SEO Anda. Saat Anda menyematkan tag harga dan tautan ke situs Anda, Anda membuat "tautan balik" penting untuk menarik orang ke situs Anda (semua pin terhubung kembali ke situs sumbernya, tetapi pin dengan highlight harga yang Anda jual adalah produk). Gunakan area yang disediakan untuk menggambarkan produk Anda, dan sertakan kata kunci untuk menarik target yang paling berharga. Anda juga dapat membagikan pin di laman Facebook dan Twitter, menghasilkan lebih banyak tautan ke situs Anda. Tingkatkan peluang Anda untuk mendapatkan sumber lalu lintas dari Pinterest dengan menawarkan pengikut untuk menyematkan foto Anda:
  • Minta pengguna untuk menyematkan item sebagai entri ke dalam kontes; semakin banyak produk yang mereka pin, semakin banyak entri yang mereka kirimkan
  • Tawarkan mereka Diskon Pengguna Pinterest khusus jika mereka pergi ke situs Anda dan melakukan pembelian
Semakin banyak orang menyematkan ulang foto Anda, semakin banyak buzz yang akan Anda buat di komunitas pengguna Pinterest, dan kemungkinan besar dengan orang-orang yang paling tertarik dan kemungkinan akan membeli produk Anda.

5. Jadilah Sumber Daya. Sajikan produk atau layanan Anda dalam konteks solusi yang lebih besar. Katakanlah Anda adalah perusahaan kecil yang melakukan perawatan jendela khusus; membantu prospek dengan menampilkan lebih dari sekadar produk Anda, produk yang terkait termasuk dalam kategori keseluruhan desain interior (produsen wallpaper, pengecer karya seni, produsen cat, dll.). Dengan cara ini Anda akan dipandang bukan sebagai perusahaan yang menjual satu jenis produk, tetapi sebagai sumber daya yang berharga untuk inspirasi dan solusi dekorasi rumah.

6. Terlibat dengan Pengguna. Pinterest adalah jejaring sosial, jadi luangkan waktu untuk membentuk hubungan dengan pengguna lain dan untuk membangun komunitas di sekitar produk Anda:
  • Ketika Anda melihat bahwa pengguna telah menyematkan kembali item Anda, beri komentar dan ucapkan terima kasih
  • Mulai ikuti pengguna Pinterest yang menunjukkan ketertarikan pada produk atau layanan Anda, dan ini akan mendorong mereka untuk mengikuti Anda sebagai gantinya
  • Minta umpan balik pelanggan dengan mendorong mereka untuk menyematkan kembali produk favorit mereka di katalog Anda
Seperti jaringan media sosial baru, akan butuh waktu untuk segera menemukan dan berinteraksi dengan target Anda. Tetapi sebagai satu-satunya situs jejaring berbasis visual yang memungkinkan Anda memanfaatkan hasrat orang-orang untuk produk tertentu, yang satu ini sepadan dengan usaha. Begitulah 6 Cara Menggunakan Pinterest Untuk Mempromosikan Bisnis Anda, selamat mencoba dan selamat berkarya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel