-->

Tips Merawat Hijab Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Kali ini saya akan memberikan beberapa Tips merawat hijab agar awet dan tidak mudah rusak.

Hijab merupakan sarana yang digunakan sebagai penutup rambut kepala. Pada umumnya hijab dipakai oleh wanita muslimah. Makna dari hijab adalah penutup.

Secara umum hijab adalah segala sesuatu yang menutupi hal-hal untuk ditutupi bagi seorang Muslimah. Jadi hijab muslimah tidak hanya sebatas untuk menutupi kepala, rambut, atau tubuh bagian atas saja. 

Namun hijab muslimah mencakup semua yang menutupi aurat, baik itu lekuk/bagian tubuh dan perhiasan wanita yang dipakai mulai dari ujung rambut sampai kaki. Wanita muslimah sangatlah dianjurkan untuk memakai hijab agar terhindar dari pandangan mata lelaki (yang tidak mengundang nafsu).


Begitu pentingnya hijab pada wanita muslimah, maka dari itu jangan sampai hijab anda terlihat kusut atau tidak sedap dipandang. Untuk menjaga agar hijab anda tetap awet, kami akan memberikan beberapa tips merawat hijab agar awet dan tidak mudah rusak.

1. Cuci dengan tangan

Dalam era saat ini banyak rumah tangga yang menggunakan mesin cuci agar lebih ringan dan cepat. Namun tahukah anda bahwa mesin cuci tidak baik untuk mencuci hijab. Karena dapat merusak bahan hijab, lebih baik cuci lah hijab menggunakan tangan.


2. Jangan peras terlalu keras

Pada langkah ini pasti diterapkan, namun anda harus berhati hati pada saat setelah mencuci, pastikan perasan terhadap hijab jangan terlalu keras. Karena serat hijab akan mudah rusak jika diperas terlalu keras. Lebih baik peras dengan lembut dan sewajarnya.


3. Jemur ditempat teduh

Setelah diperas pastinya hijab akan dikeringkan. Dengan menjemur hijab dibawah sinarmatahari secara langsung akan membuat warna hijab cepat pudar, dan mudah terihat kusut. Pastikan hijab dijemur ditempat yang teduh agar awet dan tidak mudah rusak.


4. Setrika dengan suhu rendah

Setelah hijab kering dari jemuran, anda pasti ingin terlihat rapi hijabnya. Salah satunya dengan setrika, tahukah anda menyetrika hijab harus menggunakan dengan suhu panas rendah. Jika terlalu panas maka hijab akan mudah rusak, terutama pada tekstur hijab.


5. Simpan dengan cara digantung

Tips yang terakhir adalah penyimpanan hijab. Hal ini sering kali disepelekan, setelah disetrika kemudian dilipat, masukkan almari. Cara yang tepat agar hijab tidak mudah kusut dan tetap awet adalah simpan hijab dengan cara digantung.

Itulah tadi tips merawat hijab agar awet dan tidak mudah rusak. Jangan lupa share artikel ini apabila berkenan dan bermanfaat bagi teman atau saudara anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel