-->

Penyebab Perut Buncit dan Ini Solusinya

Membahas tentang penyebab perut buncit dan solusinya, tidak semua orang yang makin tua identik dengan makin buncit perutnya. Ada pula yang menyangka apabila sudah menikah perutnya menjadi buncit. Ada yang waktu kecil badannya kurus kering tapi buncit seperti semangka, atau dewasa yang mempunyai perut buncit karena ada pembesaran hati atau limpa. Tapi apabila kita merasa sudah menjalani hidup normal, atau bahkan sudah hidup sehat, akan tetapi kok masih saja perut bisa membuncit juga, coba deh lihat dulu penyebabnya biar bisa kita cegah dan kita atasi permasalahan perut buncit ini.



Kurang Minum Air
Apakah anda sudah minum hari ini? berapa gelas air? Coba tanyakan pada diri sendiri. Usahakan minum 8 (delapan) gelas air sehari. Yang saya maksud disini adalah minum Air putih. Kalau 8 (delapan) gelas tapi yang anda minum jus, susu, kopi atau pun teh semua, itu sama saja. Saya sarankan untuk mengikuti anjuran dan cara Rasulullah SAW yaitu minum satu gelas air sebelum atau sesudah sholat. Jadi kalau dihitung-hitung, dalam waktu sehari saya akan minum 5 (lima) gelas air setelah sholat ditambah 3 (tiga) gelas air setelah makan. Bukankah mencukupi kebutuhan 8 gelas air sehari? Dalam dunia medis pun kita disarankan 8 gelas air minum sehari.

Buang Air Besar Tidak Lancar
Yang satu ini nih yang kadang juga menjadi kendala. Mirip iklan produk pelancar BAB di TV, seperti membawa sampah ke mana-mana, yang seharusnya dibuang. Ya itulah yang menjadikan perut membuncit. Karena sampahnya masih didalam perut. Coba anda usahakan untuk rutin buang air besar, paling tidak diwaktu pagi hari. Jika anda merasa sulit BAB, kemungkinan anda mengkonsumsi makanan yang kurang tepat, coba pilih makanan yang tepat, banyak serat, banyak makan buah dan sayur, Semoga setelah itu buang air besar pun akan menjadi lancar.

Makan Tergesa-gesa
Yang namanya tergesa-gesa dimanapun dan siapapun itu, jelas tidak baik. Apalagi masalah makan, sangat berbahaya ibarat orang yang tidak pernah makan satu tahun lamanya. Begitu ada makanan, inginnya langsung makan tanpa henti. Belum ada lima detik satu suapan nasi dilahap, sudah tambah lagi suapan kedua. Jangan lupa ajaran makan dengan mengunyah minimal 30 kali. Apakah sudah dipraktekkan? Mengunyah lebih banyak itu bisa membantu organ tubuh kita akan menerima asupan lebih lembut. Tahanlah sebentar kehendakmu untuk buru-buru menelan. Kunyah dulu, tidak perlu juga dihitung terus sampai 30 kali, setidaknya sampai makanan itu benar-benar lembut dan tidak terasa mengganjal di kerongkongan.

Kurang Gerak
Pada poin ini permasalahan yang paling sering dan masuk akal diantara yang lain, karena dengan gerak pada tubuh akan menghasilkan keringat dengan bergerak agar lemak dan kalori akan terbakar dan perut pun tidak mudah membuncit. Siapa yang tiap hari menyediakan waktu untuk jogging atau senam di rumah? Mayoritas akan menjawab jarang, atau malah tidak pernah sama sekali. Baru berjalan beberapa meter saja sudah merasa capek, akhirnya malas untuk jalan apalagi berolahraga meskipun ringan saja.

Solusi Perut Buncit
- minum air minimal 8 (delapan) gelas sehari;
- perbanyak makan buah dan sayur karena mengandung banyak serat;
- saat makan dikunyah dulu, paling tidak 30-32 kali kunyah;
- rajin berolahraga / gerak tubuh agar lemak dan kalori terbakar.

Itulah tadi beberapa penyebab perut buncit yang sebagian besar dipengaruhi oleh kebiasaan kita sendiri atau bahkan kebiasaan kita sehari-hari. Kebiasaan dari pola makan, minum, buang air besar (BAB), dan gerak alias olahraga. Sebenarnya masih ada dan masih banyak penyebab yang lainnya, tapi akan lebih baik apabila kita bisa menghilangkan sebab-sebab yang sejatinya adalah sebuah kebiasaan pada diri kita. Semoga kita semua senantiasa selalu diberikan kesehatan. Aammiinn...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel