-->

5 Alasan Mengapa Ide Bisnis yang Baik Tidak Berhasil

Bisnis yang baik dimulai dengan ide bisnis yang bagus. Prinsip dasar itu telah mengilhami puluhan generasi wirausahawan yang penuh harapan, menyulut mereka dengan janji bahwa satu ide yang baik dan banyak pekerjaan adalah semua yang diperlukan bagi siapa pun untuk menjadi miliarder. Tapi sayangnya, ada sisi lain dari persamaan ini: Hanya karena semua bisnis yang baik memerlukan ide yang baik untuk maju tidak berarti bahwa ide yang baik adalah satu-satunya hal yang mereka butuhkan untuk maju.

Bisnis yang tak terhitung jumlahnya telah diciptakan dari ide-ide besar, hanya untuk jatuh di bawah bobot mereka sendiri, menjadi korban pesaing atau gagal mendapatkan momentum sejak awal. Kenapa ini? Nah, inilah 5 Alasan Mengapa Ide Bisnis yang Baik Tidak Berhasil.

https://www.faizmaster.com/2019/08/alasan-ide-bisnis-yang-baik-tidak-berhasil.html


1. Ide bagus tidak harus unik

Gagasan "baik" berpotensi menghasilkan uang di lingkungan tertentu; namun ini tidak menjamin bahwa orang lain belum ada di luar sana yang mengembangkan versinya sendiri tentang ide ini.

Sedikit riset kompetitif di depan melindungi anda dari kemungkinan ini; jika anda menemukan pesaing dengan ide yang sama, anda dapat menarik diri sebelum anda terlalu berinvestasi, atau cukup membedakan ide anda agar bisa berdiri sendiri. anda masih harus bergerak dengan hati-hati, tentu saja: Setelah ide anda berkembang menjadi bisnis penuh, para pesaing terpisah mungkin muncul untuk mengancam bisnis anda. Pesaing anda bisa saja terlibat lebih ganas. Ingatlah akan hal itu ketika anda menyempurnakan kekuatan dan terdapat kelemahan dalam ide anda.

2. Pengaturan waktu sangat penting

Seperti yang pernah dijelaskan oleh pendiri Idealab, Bill Gross, ada banyak faktor yang bertanggung jawab mengapa bisnis berhasil, dan permasalahan yang paling besar tampaknya adalah waktu. Ide baik yang muncul sebelum pasar siap untuk itu dapat gagal meskipun potensinya sangat besar. Bayangkan sebuah teknologi yang tidak siap digunakan konsumen, seperti Google Glass atau bahkan sitkom televisi yang humornya muncul terlebih dahulu.

Kedua gagasan itu, meski kuat, dan dengan potensi besar, justru malah tergerus. Demikian pula, sebuah ide yang datang terlambat, begitu konsumen sudah mengisi atau pindah ke tren lain, maka akan gagal untuk memiliki dampak yang sama. Mengatur waktu pelepasan bisnis anda di "sweet spot" itu sangat penting untuk kesuksesan.

3. "Di atas kertas" tidak selalu diterjemahkan ke kehidupan nyata

Semoga, jika anda memiliki ide bisnis yang baik, anda juga memiliki rencana bisnis yang baik. Rencana bisnis adalah sebuah sarana atau tempat anda menyempurnakan perincian perusahaan anda, mulai dari siapa yang akan membeli produk anda hingga ketika anda berencana untuk meluncurkan dan dari titik mana anda akan menjadi menguntungkan.

Secara teori, angka-angka tersebut dapat mendukung rencana anda. Gagasan anda mungkin terlihat benar-benar berhasil. Tetapi dalam kehidupan nyata tidak selalu bekerja seperti seharusnya di atas catatan kertas anda. Pelanggan anda mungkin tidak tertarik seperti yang ada selama riset pasar anda. Basis biaya anda mungkin tidak seketat dan dapat diprediksi seperti saat anda menyusun rencana. Faktor-faktor yang tidak dapat diprediksi itu akan selalu menjadi bahaya atau bahkan dapat menjadi malapetaka bagi bisnis anda, bahkan sampai gagasan terbaik sekalipun.

4. Keadaan berubah

Lingkungan bisnis tidak pernah statis. Teknologi baru terus dikembangkan, tren datang dan pergi dan ekonomi berfluktuasi antara periode pengeluaran konsumen dan periode berhemat. Keadaan di mana bisnis anda muncul tentu akan berbeda dari keadaan yang anda hadapi hanya beberapa bulan ke dalam keberadaan bisnis anda.

Bisnis yang sukses bukanlah bisnis yang mengambil ide, mengadopsinya, kemudian membuatnya tetap statis selama bertahun-tahun. Merekalah yang mengambil gagasan dan membiarkannya berubah dan berkembang ketika keadaan baru muncul. Ide bisnis yang benar-benar hebat cukup fleksibel bagi wirausahawan yang berbakat dan berwawasan untuk mengembangkannya dari waktu ke waktu, sesuai dengan keadaan yang berubah setiap saat.

5. Eksekusi sama pentingnya dengan perencanaan

Ini kembali ke gagasan bahwa "di atas kertas" tidak persis sama dengan kenyataan. Ingatlah bahwa ide bisnis yang baik hanya bagi orang yang mampu melaksanakan dan mengendalikannya. Jika anda memiliki alur kerja yang dirancang dengan sangat baik, anda memerlukan manajer operasi yang cukup terampil untuk mengawasinya. Jika anda memiliki tujuan keuangan yang ambisius, anda memerlukan pengontrol dengan pengalaman yang cukup untuk membantu anda mencapai tujuan tersebut.

Membangun tim adalah bagian penting dari proses, dan tanpa ada yang kuat di pihak anda, bahkan ide bisnis terbaik dapat mengakibatkan kegagalan. Sumber daya manusia harus menjadi salah satu prioritas utama anda.

Jika anda memiliki ide bisnis yang hebat, dan anda tertarik untuk memulai bisnis anda sendiri, jangan biarkan semua alasan ini menghalangi anda. Memulai bisnis itu sulit, dan membuat orang sukses menjadi lebih sulit. Tetapi jika anda masuk ke dalamnya dengan harapan yang tepat dan visi yang wajar untuk pengembangan, anda tidak akan menjadi korban kesalahpahaman yang telah mengganggu begitu banyak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel