-->

5 Tips Menjaga Kesehatan Jantung dan Pola Hidup Sehat

Jagalah kesehatan jantungmu, secara umum jantung merupakan organ tubuh yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Tahukah anda, rata - rata jantung manusia berdenyut 72 kali per menit dalam status beristirahat dan memompa 4 hingga 7 liter darah pada tiap menitnya.



Ada juga makna yang lain, jantung merupakan otot yang terbagi menjadi empat ruang. Terdapat dua ruang yang terletak di bagian atas, yaitu atrium (serambi) kanan dan kiri. Sedangkan letak bagian bawah terdapat dua ruang lagi, yaitu ventrikel (bilik) kanan dan kiri. Adapun antara bagian ruang kanan dan kiri dipisahkan oleh dinding otot yang biasa disebut septum, septum ini berfungsi untuk mencegah tercampurnya darah yang kaya oksigen dengan darah yang miskin oksigen.

Begitu pentingnya jantung bagi manusia, maka dari itu marilah kita jaga kesehatan jantung kita. Berikut ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Jantung dengan Gaya dan Pola Hidup yang Baik.

1. Lakukan Olahraga Secara Teratur


Lakukan olahraga secara teratur yang membuat seluruh anggota badan anda melakukan gerakan seperti senam ataupun jalan kaki. Olahraga yang rutin akan membantu anda dalam mengendalikan berat badan yang akan berefek pada kesehatan jantung anda.

2. Lakukan Relaksasi Pada Tubuh Anda


Hentikan sejenak rutinitas anda, buatlah tubuh anda menjadi sangat rileks atau anda bisa melakukan olahraga yoga maupun meditasi untuk menjaga kesehatan jantung anda.

3. Hentikan Kebiasaan Merokok


Kebiasaan merokok dapat menyebabkan kerusakan pada arteri paru-paru yang akan berimbas pada kurangnya suplai udara segar yang mengandung oksigen untuk disebarkan keseluruh tubuh.

4. Beristirahatlah, lakukan tidur yang berkualitas


Tidur yang baik untuk tubuh manusia adalah delapan jam secara penuh dalam satu harinya. Banyak penelitian yang menyebutkan kekurangan tidur pada malam hari akan mengakibatkan kerusakan pada jantung. Dengan memiliki tidur yang berkualitas tentu akan meminimalisir terjadinya resiko serangan jantung.

5. Jadikan teh hijau sebagai minuman favorit


Teh hijau dapat mencegah kerusakan pada pembuluh darah karena mengandung kadar antioksidan yang sangat tinggi. Ganti minuman favorit anda menjadi teh hijau, meminum dua cangkir teh hijau setiap hari tanpa menggunakan gula akan sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel