-->

Resep dan Cara Memasak Opor Ayam Lezat Bumbu Dapur

Puasa dibulan ramadan dan hari raya idul fitri, kurang lengkap apabila dalam berkumpul dengan keluarga tidak ada acara makan bersama. Apalagi masakan opor ayam, pasti hampir semua orang dirumah memasaknya. 

Opor ayam menjadi masakan idola ibu rumah tangga diwaktu hari raya. Kali ini saya akan sharing resep dan cara memasak opor ayam lezat bumbu dapur. Berikut ini urutan bahan, bumbu, dan langkah memasak opor ayamnya.



Yang pertama siapkan bahan-bahan


1 ekor Ayam (potong 8/10)
3 batang Serai (memarkan)
3 lembar Daun Salam
1 ruas Lengkuas (memarkan)
100 ml Santan Kental (campur dengan 200ml Air - sesuaikan dengan selera untuk tingkat keencerannya)
secukupnya Minyak goreng

Bumbu rebus Ayam (haluskan) :
4 siung Bawang Putih
3 sdt Garam

Yang kedua menyiapkan bumbu opor (haluskan)


8 siung Bawang Merah
4 siung Bawang Putih
5 buah Cabai Rawit Merah (skip jika tidak suka pedas)
20-30 butir Ketumbar
10-15 butir Lada
1 jempol Jahe
1/2 jempol Kunyit
2-3 butir Kemiri
secukupnya Gula Garam
secukupnya Kaldu Jamur (penyedap)

Langkah yang selanjutnya,


1. Cuci bersih Ayam potong.

2. Siapkan rebusan air, masukkan bumbu rebus dan ayam potong, masak dengan api besar hingga berbuih ± 15 menit. Buang air rebusan pertama, tambahkan air dan rebus kembali dengan api sedang untuk kaldu. Setelah mendidih dan kaldu siap, tiriskan ayam.

3. Siapkan minyak, setelah cukup panas masukkan Ayam. Goreng sebentar (jangan goreng kering ya) untuk memadatkan tekstur ayam saja. Setelah itu, angkat ayam.

4. Gunakan minyak goreng ayam untuk bumbu opor, masukkan bumbu halus opor, serai, salam, dan lengkuas. Goreng hingga harum dan berubah warna.

5. Masukkan kaldu ayam, tunggu hingga mendidih. Tuangkan santan, aduk hingga tercampur sempurna (jangan lupa diaduk terus ya, supaya santan tidak pecah)

6. Setelah mendidih, masukkan gula, garam, dan kaldu jamur (penyedap), tes rasa. Sekiranya sudah mantap, masukkan ayam. Kecilkan api, aduk sampai ayam terselimuti kuah opor, tunggu ± 20 menit agar ayam tanak.

7. Matikan api dan siapkan wadah. Opor Ayam Lezat Bumbu Dapur siap untuk disajikan. Makan dengan nasi hangat dan taburan bawang goreng di atasnya.

8. Jangan lupa cuci tangan dan jangan lupa berdoa.

Nah, itulah tadi resep dan cara memasak opor ayam lezat bumbu dapur. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel