-->

5 Perbedaan Utama Antara Pembelajaran Online dan Tatap Muka

Pembelajaran online telah berkembang dalam popularitas selama bertahun-tahun, didorong oleh kemajuan teknologi, keinginan untuk mengakses basis pengetahuan global, dan bahkan didukung oleh pandemi adanya COVID-19 dan aturan jarak sosial. Apakah hal ini sebagai kekuatan pendorong di balik tren pembelajaran online yang dilaksanakan saat ini positif atau negatif, tidak dapat disangkal bahwa dengan adanya e-Learning diharapkan akan mendapatkan daya tarik dan pengakuan dengan tahun sebelumnya. Sekarang pengiriman kursus online menjadi lebih populer daripada sebelumnya, meskipun, guru dihadapkan dengan tantangan baru yang unik dalam mengelola dan menangani perbedaan antara pembelajaran tradisional dan digital.




Dari tantangan inilah muncul kelas online, hingga menginspirasi pembelajaran seumur hidup pada siswa, hingga tantangan yang selalu ada untuk mempertahankan motivasi dan disiplin tingkat tinggi secara efektif dalam menyampaikan pengetahuan pembelajaran online pasti telah menciptakan beberapa hambatan baru bagi guru modern. Oleh karena itu, kita akan tahu perbedaan utama antara pembelajaran online dan tatap muka. 


Tantangan mengenai motivasi dan disiplin siswa

Yang pertama, penting untuk dicatat bahwa peran guru dalam memotivasi siswa serta pengaturan ruang kelas adalah tugas yang sulit terlepas. Guru di bidangnya mungkin memiliki waktu yang lebih mudah dengan ini, karena mata pelajaran memberikan kesempatan untuk menggabungkan kuliah teoritis dengan demonstrasi praktis yang menarik perhatian siswa. Namun, ketika pembelajaran online, Sang guru akan merasa kesulitan dalam penerapan terhadap siswanya.


Sekarang guru dan dosen tidak lagi memiliki ruang khusus untuk dikerjakan atau diperagakan, mereka harus berimprovisasi dan berinovasi untuk memotivasi siswa mereka dan memastikan disiplin di dalam dan di luar kelas. Untuk melakukan hal ini, anda harus melibatkan siswa dengan aplikasi pembelajaran praktis, demonstrasi yang menarik, tugas di rumah interaktif dan tugas kelompok, dan masih banyak lagi. Jangan mencoba menegur siswa online ketika mereka berperilaku buruk atau gagal dalam mengumpulkan tugas, sebagai gantinya, fokus pada dorongan positif dan berusaha untuk memberikan motivasi yang lebih tinggi untuk kelas anda.


Interaksi real-time vs pembelajaran asinkron

Salah satu perbedaan utama antara pembelajaran offline dan eLearning adalah dalam cara siswa berinteraksi dengan guru dan materi pelajaran, serta bagaimana mereka bisa menerima informasi dengan mudah. Pembelajaran offline adalah pembelajaran real-time atau sinkron, sementara eLearning dapat menjadi sinkron dan asinkron. Di kelas tatap muka, anda terlibat dengan siswa secara real time, sementara di dunia online anda dapat memberikan pemebelajaran real-time melalui streaming dan panggilan Zoom, atau anda dapat merekam pembelajaran anda untuk siswa di kemudian hari.


Pembelajaran asinkron membawa manfaat unik dan membantu siswa untuk menerima informasi sesuai dengan kecepatan koneksi internet. Masalahnya di sini adalah dalam interaksi antara siswa dengan guru, jadi pastikan bahwa pembelajaran anda mengeksplorasi masalah ini dengan sangat rinci, dan buat diri anda selalu ada bagi siswa untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. 


Pembelajaran online lebih mudah dengan platform interaktif

Dunia online telah terubah dalam menyampaikan informasi dan memberikan pengetahuan kepada siswa, dan gmemfasilitasi dengan munculnya banyak platform digital yang membuat pembelajaran lebih menyenangkan, menarik, dan bermanfaat bagi siswa yang paham teknologi.


Bagi yang memiliki kemampuan untuk mengikuti pembelajaran online dapat membantu menghemat waktu sambil mendapatkan informasi yang mereka butuhkan untuk memajukan pengetahuan di bidangnya masing-masing.


Pembelajaran online pribadi vs Pembelajaran kelas grup

Perbedaan utama lainnya antara pembelajaran tatap muka dan online adalah bahwa memungkinkan anda untuk mengambil pendekatan yang lebih dipersonalisasi untuk menyampaikan pengetahuan dan informasi. Meskipun anda dipaksa untuk mengatasi seluruh ruang kelas, pengajaran online memungkinkan anda untuk mengatasi individu dan mengatasi kebutuhan para siswa dan pengetahuan. 


Hal ini bahkan berlaku untuk kelas online grup, karena biasanya berisi lebih sedikit peserta dan dipecah menjadi kelompok. Anda dapat menggunakan format baru ini untuk mengalokasikan waktu dan perhatian secara pribadi yang cukup untuk setiap siswa. 


Siswa online sangat bergantung pada bimbingan dan komunikasi

Salah satu tantangan terbesar pembelajaran online adalah, kurangnya bimbingan, komunikasi, dan dukungan umum dari para tutor. Ruang kelas fisik memungkinkan anda untuk berinteraksi dengan siswa sebelum dan sesudah dalam kelas dan menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin mereka miliki, tetapi secara online siswa dapat merasa seperti mereka tidak dapat menjangkau anda di luar kelas digital. Inilah sebabnya mengapa anda harus menekankan komunikasi dan membuat diri anda selalu siap  untuk siswa, baik itu melalui email dan bahkan aplikasi pesan langsung untuk menjawab semua pertanyaan dan kekhawatiran mereka dengan cepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel