-->

Istilah dan Arti Tembelek

Istilah secara umum tembelek berarti kotoran hewan. Sementara di masyarakat Jawa bagian Timur, dikenal sebagai 'telek'. Namun taukah kamu bahwa, tidak semua kotoran hewan bisa diberi nama tembelek. Dapat disimpulkan bahwa hanya hewan jenis tertentu saja yang bisa beri nama 'tembelek'

Istilah dan Arti Tembelek


Sebagai contoh, spesies burung, yaitu ayam, bebek, angsa, burung onta, pokoknya unggas apa saja boleh dinamai tembelek. Akan tetapi hewan-hewan peliharaan dan sejenisnya semisal kucing atau anjing, maka kotorannya dinamai tai kucing, atau tahi anjing.


Dan taukah kamu bahwa ada beberapa hewan yang kotorannya diberi nama khusus,  sebagai contoh hewan kambing maka kotorannya dinamai "cemendhil", lalu untuk kotoran kuda, sapi dan kerbau dinamai tlepong. Dan demikian seterusnya untuk disebutkan satu-persatu rasanya kurang pas, karena begitu banyak jenis hewan yang ada. 


Tembelek adalah sebuah kata dari jawa khusunya banyumas yang merujuk pada kotoran hewan ayam atau feses ayam. Feses adalah buangan sisa pencernaan tubuh dan dikeluarkan melalui anus atau lubang dubur.


Feses pada manusia sendiri terbagi menjadi beberapa tipe seperti :

Tipe 1: Bentuk dari  feses ini berbentuk bulatan-bulatan terpisah dan keras. Biasanya digunakan sebagai pertanda seseorang sembelit.

Tipe 2: Bentuk feses terlihat seperti sosis yang lebih padat dan kental. menjadi tanda masalah sembelit ringan. 

Tipe 3 : Bentuk seperti tipe 2 namun terlihat retakan di permukaan ini menandakan feses yang normal dan kondisi tubuh terbilang sedang sehat 


Selain itu dapat juga dibedakan dari warna feses yaitu :

Warna hijau : Menandakan terjadi waktu transit kotoran yang sangat singkat di usus. Biasanya terjadi pada orang yang vegetarian karena zat klorofil yang terkandung dalam daun tidak dapat tercerna dan akan ikut terbawa Bersama kotoran.

warna kuning : Di sini terjadi karena kelebihan kandungan lemak dalam feses dan ini tidak baik dan harus mengurangi yang namannya makanan berlemak tinggi.

Warna merah : Untuk warna ini kita harus waspada karena bsia saja terjadi perdarahan internal pada usus atau daerah sekitar rektum atau anus.


Itulah istilah dan arti tembelek yang mungkin belum banyak anda ketahui. Silahkan dicermati dan dipahami tembelek tersebut. Apabila anda menemukan tembelek silahkan diamati sampe kering. Heheee...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel