-->

Silsilah Lengkap Para Nabi dan Rasul Allah

Wajib hukumnya sebagai umat muslim,  untuk meyakini bahwa Nabi dan Rasul adalah benar adanya. Adapun jumlah Nabi dan Rasul, ada yang berpendapat bahwa jumlah Nabi adalah 124.000, sedangkan jumlah Rasul ada 312. Pada dasarnya perbedaannya Nabi adalah seseorang yang diberi wahyu oleh Allah untuk dirinya sendiri tanpa ada kewajiban menyampaikan kepada umatnya, sedangkan Rasul adalah seseorang yang diberi wahyu oleh Allah untuk dirinya sendiri dan wajib disampaikan kepada umatnya. Berikut ini kami sampaikan silsilah lengkap para Nabi dan Rasul Allah.



1. ADAM AS
Nabi Adam As berusia 930 tahun dan dalam periode sejarah sekitar 5872-4942 sebelum masehi, adapun tempat turunnya di bumi ada yang berpendapat di Negara India dan ada pula yang berpendapat di Jazirah Arab. Jumlah keturunannya Nabi Adam  40 laki-laki dan perempuan, tempat wafat beliau di India dan ada pula yang berpendapat di Mekkah, Kitab suci Al-Quran menyebutkan nama beliau sebanyak 25 kali.

2. IDRIS AS
Nabi Idris atau Akhnukh bin Yarid dan nama Ibunya Asyut. Beliau mempunyai garis keturunan Adam As -Syits - Anusy - Qinan - Mihlail - Yarid - Idris As. Nabi Idris berusia  345 tahun di bumi dan dalam periode sejarah sekitar  4533-4188 sebelum masehi. Nabi Idris diutus Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).  Beliau  wafat dan sampai saat ini belum diketahui makamnya, karena Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga. Dalam kitab suci Al-Quran menyebutkan nama beliau sebanyak 2 kali.

3. NUH AS
Nabi Nuh atau Yasykur atau Abdul Ghaffar bin Lamak mempunyai garis keturunan dari Nabi Adam As - Syits - Anusy - Qinan - Mihlail - Yarid - Idris As - Matusyalih - Lamak - Nuh As. Nabi Nuh berusia: 950 tahun, dan dalam periode sejarah sekitar 3993-3043 sebelum masehi. Nabi Nuh diutus dibagian Selatan Irak. Beliau mempunyai jumlah keturunan  4 putra yang diberi nama (Sam, Ham, Yafits dan Kan’an). Beliau wafat di Mekkah, adapun sebutan bagi kaumnya adalah Kaum Nuh. Dalam kitab suci Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak 43 kali.

4. HUD AS
Nabi Hud bin Abdullah mempunyai garis keturunan dari Nabi Adam As - Syits - Anusy - Qinan - Mihlail - Yarid - Idris As - Matusyalih - Lamak - Nuh As - Sam - Iram (Aram) - ‘Aush (‘Uks) - ‘Ad - al-Khulud - Rabah - Abdullah - Hud As. Beliau berusia 130 tahun, dalam periode sejarah sekitar 2450-2320 sebelum masehi. Nabi Hud diutus dan bertempat di  Al-Ahqaf (antara Yaman dan Oman). Tempat Beliau wafat berada di Bagian Timur Hadhramaut Yaman, adapun sebutan kaumnya adalah Kaum ‘Ad. Dalam kitab suci Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak 7 kali.

5. SHALIH AS
Nabi Shalih bin Ubaid mempunyai garis keturunan dari Nabi Adam As - Syits - Anusy - Qinan - Mihlail - Yarid - Idris As - Matusyalih - Lamak - Nuh As - Sam - Iram (Aram) - Amir - Tsamud - Hadzir - Ubaid - Masah - Asif - Ubaid - Shalih As. Beliau berusia 70 tahun, dalam periode sejarah sekitar 2150-2080 sebelum masehi. Tempat Nabi Shalih diutus di Daerah al-Hijr (Mada’in Shalih, antara Madinah dan Syria). Beliau wafat di Mekkah, adapun sebutan bagi kaumnya adalah Kaum Tsamud. Dalam kitab suci Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak 10 kali.

6. IBRAHIM AS
Nabi Ibrahim bin Tarakh mempunyai garis keturunan dari Nabi Adam As - Syits - Anusy - Qinan - Mihlail - Yarid - Idris As - Matusyalih - Lamak - Nuh As - Sam - Arfakhsyad - Syalih - Abir - Falij - Ra’u - Saruj - Nahur - Tarakh - Ibrahim As. Beliau berusia 175 tahun, dalam periode sejarah sekitar 1997-1822 sebelum masehi. Tempat beliau diutus di Ur, daerah selatan Babylon (Irak). Nabi Ibrahim mempunyai jumlah keturunan 13 anak (termasuk Nabi Ismail As dan Nabi Ishaq As). Beliau wafat di Al-Khalil (Hebron, Palestina/Israel). Adapun sebutan bagi kaumnya adalah Bangsa Kaldan, dalam kitab suci Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak 69 kali.

7. LUTH AS
Nabi Luth bin Haran mempunyai garis keturunan dari Nabi Adam As - Syits - Anusy - Qinan - Mihlail - Yarid - Idris As - Matusyalih - Lamak - Nuh As - Sam - Arfakhsyad - Syalih - Abir - Falij - Ra’u - Saruj - Nahur - Tarakh - Haran - Luth As. Beliau berusia 80 tahun, dalam periode sejarah sekitar 1950-1870 sebelum masehi. Tempat beliau diutus di daerah Sodom dan Amurah (Laut Mati atau Danau Luth). Beliu mempunyai jumlah keturunan 2 putri (Ratsiya dan Za’rita). Adapun tempat wafat beliau di Desa Shafrah di Syam (Syria).  Sebutan bagi kaumnya adalah Kaum Luth, dan dalam kitab suci Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak 27 kali.

8. ISMAIL  AS
Nabi Ismail bin Ibrahim mempunyai garis keturunan dari Nabi Adam As - Syits - Anusy - Qinan - Mihlail - Yarid - Idris As - Matusyalih - Lamak - Nuh As - Sam - Arfakhsyad - Syalih - Abir - Falij - Ra’u - Saruj - Nahur - Tarakh - Ibrahim As - Ismail As. Beliau berusia 137 tahun, dalam periode sejarah sekitar 1911-1774 sebelum masehi. Tempat beliau diutus di Mekkah, Nabi Ismail dikaruniai keturunan 12 anak. Beliau wafat di Mekkah, adapun sebutan bagi kaumnya adalah Amaliq dan Kabilah Yaman. Dalam kitab suci Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak 12 kali.

9. ISHAQ AS
Nabi Ishaq bin Ibrahim mempunyai garis keturunan dari Nabi Adam As - Syits - Anusy - Qinan - Mihlail - Yarid - Idris As - Matusyalih - Lamak - Nuh As - Sam - Arfakhsyad - Syalih - Abir - Falij - Ra’u - Saruj - Nahur - Tarakh - Ibrahim As - Ishaq As. Beliau berusia 180 tahun, dalam periode sejarah sekitar 1897-1717 sebelum masehi. Nabi Ishaq diutus di Kota al-Khalil (Hebron) di daerah Kan’an (Kana’an). Beliau dikaruniai  keturunan 2 anak (termasuk Nabi Ya’qub As/Israel). Beliau wafat di Al-Khalil (Hebron), adapun sebutan bagi kaumnya adalah Bangsa Kan’an. Didalam kitab suci Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak 17 kali.

10. YA’QUB  AS
Nabi  Ya’qub/Israel bin Ishaq, mempunyai garis keturunan dari Nabi Adam As - Syits - Anusy - Qinan - Mihlail - Yarid - Idris As - Matusyalih - Lamak - Nuh As - Sam - Arfakhsyad - Syalih - Abir - Falij - Ra’u - Saruj - Nahur - Tarakh - Ibrahim As - Ishaq As - Ya’qub As. Beliau berusia 147 tahun, dalam periode sejarah sekitar 1837-1690 sebelum masehi. Tempat beliau diutus di daerah Syam (Syria), Nabi Ya’qub dikaruniai keturunan 12 anak laki-laki (Rubin, Simeon, Lewi, Yahuda, Dan, Naftali, Gad, Asyir, Isakhar, Zebulaon, Yusuf dan Benyamin) dan 2 anak perempuan (Dina dan Yathirah). Tempat wafat beliau di Al-Khalil (Hebron), Palestina. Adapun sebutan bagi kaumnya adalah Bangsa Kan’an. Didalam kitab suci Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak 18 kali.

Demikianlah Silsilah Lengkap Para Nabi dan Rasul Allah, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Untuk lebih lengkapnya lagi, akan kami update data silsilah selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel