-->

Niat Puasa Ramadhan, Tarawih dan Witir Lengkap

Rasanya masih ada yang kurang jika tidak membaca Niat Puasa Ramadhan, Tarawih dan Witir Lengkap. Berikut ini kumpulan niat dan doa puasa, tarawih dan witir.


Bulan penuh berkah bagi umat muslim telah tiba, bulan penuh ampunan. Dimana seluruh umat muslim akan melaksanakan puasa, yaitu bulan Ramadhan. Adapun awal puasa 1 Ramadhan 1441 H pada tahun 2020 jatuh pada hari Jumat 24 April 2020. Diwaktu malam bulan itu pula umat muslim akan melaksanakan sholat tarawih selama 1 bulan penuh.

Sholat Tarawih memang tidak wajib, akan tetapi sangat dianjurkan di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Selain sholat sunnah tarawih, biasanya akan ditutup dengan sholat witir. Dengan mengerjakan sholat sunnah keduanya sebagai bagian dari menghidupkan malam dibulan Ramadhan. Agar shalat tarawih dan sholat witir menjadi sah dan sempurna, tentu harus dibarengi dengan niat yang benar. Berikut ini niat dan do’a sholat tarawih dan sholat witir:

Sholat Tarawih


Niat Shalat Tarawih untuk Imam / Doa Sholat Tarawih untuk Imam


“Usholli Sunnat Tarawihi Rok’ataini Mustaqbilal Qiblati Imaman Lillahi Ta’ala” yang artinya sebagai berikut “Aku niat Shalat sunnah tarawih dua rakaat menghadap kiblat menjadi imam karena Allah Ta’ala”.

Niat Shalat Tarawih Untuk Makmum / Doa Sholat Tarawih untuk Makmum


“Usholli Sunnatat Tarawihi Rok’ataini Mustaqbilal Qilblati Ma’muman Lillahi Ta’ala” yang artinya sebagai berikut “Aku niat shalat sunnah tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta’ala”.

Niat Shalat Tarawih Sendirian / Doa Sholat Tarawih Sendirian


“Usholli Sunnatat Tarawihi Rok’ataini Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta’ala” yang artinya sebagai berikut “Aku niat shalat sunah tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala”.

Sholat Witir


Niat Shalat Witir Satu Rakaat / Doa Sholat Witir Satu Rakaat


“Usholli sunnatal witri rak’atan mustaqbilal qiblati (imaaman/makmuuman) lillaahi ta’aalaa” yang artinya sebagai berikut “Aku niat shalat Witir satu rakaat menghadap kiblat (jadi imam/makmum) karena Allah Ta’ala”.

Niat Shalat Witir Dua Rakaat / Doa Sholat Witir Dua Rakaat


“Usholli sunnatal witri rak’ataini mustaqbilal qiblati (imaaman/makmuuman) lillaahi ta’aalaa” yang artinya sebagai berikut “Aku niat shalat Witir dua rakaat menghadap kiblat (jadi imam/makmum) karena Allah Ta’ala”.

Semoga dengan membaca niat sholat tarawih serta doa sholat tarawih dibulan ramadhan ini, menjadi berkah bagi kita. Niat dan doa, serta tata cara sholat tarawih ini dapat dilaksanakan baik dirumah, musholla dan masjid secara berjamaah.

Doa tarawih ini dapat anda amalkan kepada saudara, keluarga serta masyarakat. Agar sholat tarawih dapat berjalan secara khusuk dengan niat dan doa yang benar. Jangan lupa ber doa setelah sholat tarawih supaya selalu diberikan keselamatan, kebahagiaan serta kesehatan menuju kemenangan / hari raya idul fitri.

Adapun niat puasa dibulan ramadhan sebagai berikut:


“Nawaitu shauma ghadin 'an adaa'i fardhi syahri romadhona haadzihis sanati lillahi ta'ala” Terjemahannya sebagai berikut ini “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu pada bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala”.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel