-->

Hubungan Keraton Demak Bintoro dengan Kerajaan Majapahit

Tahukah anda tentang Demak Bintoro dan Majapahit. Lantas ada apa hubungan Keraton Demak Bintoro dengan Kerajaan Majapahit. Mari simak pembahasannya dibawah ini.

Jaman kejayaan kraton Majapahit sesungguhnya tetap diteruskan oleh kraton Demak Bintoro. Pusaka Majapahit juga tetap diuri uri oleh Demak Bintoro. Misalnya Gong Kyai Sekar Delima berkumandang saat perayaan Grebeg Mulud. Kyai Gunturmadu dan Guntursari ditabuh selama tujuh hari di Masjid Agung. 



Kerajaan Demak Bintoro berdiri pada tahun 1471. Rajanya bernama Raden Patah atau Kanjeng Sultan Syah Alam Akbar Patah Jimbun Sirullah. Raden Patah adalah putra Prabu Brawijaya V, raja Majapahit. Ibunya adalah Putri Cempa atau Ratu Dworowati. 

Sejak kecil Raden Patah belajar agama Islam kepada Aryo Damar di kota Palembang. Dengan demikian Kasultanan Demak Bintoro merupakan kelanjutan dari kerajaan Majapahit. 
Masa keemasan Kasultanan Demak Bintoro berdampak pada kemakmuran rakyat di seluruh kawasan tanah Jawa. 

Berturut-turut raja yang memerintahkan dengan bijaksana di kerajaan Demak Bintoro. 

1) Raden Patah atau Kanjeng Sultan Syah Alam Akbar Patah Jimbun Sirullah I. Sejak kecil sudah punya pengalaman mobilitas tinggi. Beliau termasuk pangeran dalam kategori kosmopolit. 

2) Pati Unus atau Pangeran Adipati Sabrang Lor atau Kanjeng Sultan Syah Alam Akbar Yunus Sirullah II. Terkenal sebagai pelaut ulung. Mengarungi samudra hingga laut Merah Afrika. Beliau pelopor ketrampilan maritim. 

3) Sultan Trenggono atau Kanjeng Sultan Syah Alam Akbar Mahmud Rosid Sirullah III. Beliau seorang ilmuwan tangguh. Kitab tasawuf diterjemahkan dalam bahasa Jawa. Pemuda pemudi dikirim ke Turki dan bagdad. 

4) Sunan Prawoto atau Kanjeng Sultan Syah Alam Akbar Amirul Mukminin Sirullah IV. Berpengaruh di kalangan pesantren pesisir. Beliau mengajarkan kesalahan sosial. Suka lara lapa tapa brata di alas sukalila. 

Ada pengusaha besar dari Aceh atau kerajaan Samudra Pasai. Dia adalah Pangeran Hadirin yang menikah dengan putri Sultan Trenggono, yaitu Kanjeng Ratu Kalinyamat. Pangeran Hadirin dan Ratu Kalinyamat menjadi orang yang kaya raya. Usahanya meliputi perdagangan, pelayaran, pelabuhan, pertukangan, perkebunan dan pertanian. Tokoh ini merupakan sponsor dan donatur Kasultanan Demak Bintoro. Jasanya sungguh besar.

Nimas Ratu Kalinyamat. Tilar wisma sumengka anggane wukir. Tapa wuda sinjang rambut. Aneng gunung Danaraja. Apratignya tan arsa tapihan ingsun. Yen tan antuk adiling Hyang. Patine sedulur mami. 

Begitulah prasapa Kanjeng Ratu Kalinyamat. Beliau amat setia dengan suami. Berkat perjuangan pada rakyat, beliau dipercaya menjadi Bupati Jepara pertama. Ratu Kalinyamat juga mendidik Bupati Glagahwangi, Purbalingga, Wonosobo, Banjarnegara, Banyumas, Tegal, Batang, Kendal dan Madiun. Ratu Kalinyamat sponsor utama kepala daerah masa Kasultanan Demak Bintoro. 

Kebudayaan Jawa dan Islam mengalami pembaruan. Kitab tasawuf disusun dengan menggunakan metrum tembang macapat. Misalnya suluk Sunan Bonang, suluk sujinah, suluk Malang Sumirang, suluk Syekh Malaya suluk Tekawardi. Semua membahas ilmu makrifat Kejawen. 

Sasmitaning ngaurip puniki. Mapan ewuh yen tan weruha. Tan jumeneng ing uripe. Banyak simbol simbol Islam Kejawen yang perlu pemahaman semiotik. Perlu studi khusus untuk memahami Islam Kejawen yang memadukan agama dan budaya Jawa. 

Perpaduan harmonis antara tasawuf Islam dengan ajaran Kejawen tersaji dalam cerita dewaruci. Di sana lantas dikenal adanya istilah Manunggaling kawula Gusti. Ungkapan ini mengandung pengertian teologis, sosiologis dan politis. Pemikiran yang lahir sejak jaman Kraton Demak Bintara ini amat populer di lingkungan Kejawen.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel