-->

Reset Printer Epson L120

Reset Printer Epson L120

Epson memang sudah dikenal dalam dunia digital, bahwa epson sebagai produsen printer yang berkualitas, bahkan Epson sendiri sudah berdiri sejak tahun 1970an. Ketika era printer dot matrix, bahkan nyaris tak ada brand lain yang mampu menyaingi Epson, khususnya di pasar Indonesia.

Namun, ketika trend printer bergeser ke inkjet, nama Epson sedikit meredup bahkan kalah populer dan minat penggunanya dibandingkan Canon maupun HP. Epson tentu tak menyerah dan terus berbenah. Kini produk printer mereka boleh dibilang mulai sejajar kembali dengan Canon atau HP.


Salah satu produk favorit printer Epson masa kini adalah printer ink tank Epson L120 karena murah namun tetap berkualitas. Akan tetapi, setiap produk elektronik pasti akan menemui permasalahan mulai dari ringan hinga berat. Pasti anda juga pernah mengalaminya. Kali ini saya akan membahas bagaimana cara mereset printer epson dengan seri L120.

Apabila Printer Epson L120 anda mengalami seperti dibawah ini, maka jangan khawatir. Inilah solusi untuk menyelesaikan permasalahan anda dengan mudah dan tentu saja simple.
  • Jika printer anda tidak bisa mencetak meski printer normal dalam arti kabel power dan usb sudah terpasang sempurna, tinta juga masih ada, dan printer pun terdeteksi oleh komputer/laptop.
  • dan jika printer terdapat kedua lampu indikator power dan lampu indikator kertas telah menyala.
Maka besar kemungkinan bahwa printer anda sudah mencapai pada limit cetak dan harus direset. Perlu diketahui bahwa setiap printer pasti mempunyai masa batas kertas yang dicetak, dalam hal ini printer anda harus direset ulang untuk dikembalikan ke 0 (nol) kembali agar dapat digunakan secara normal kembali. Tentu saja sebelumnya harus anda pastikan tipe printer adalah Epson L120 dan printer normal sebagaimana yang sudah saya sebutkan tadi (kabel power dan usb terpasang, tinta ada, dan terdeteksi oleh komputer).

Berikut ini merupakan langkah untuk Reset Printer Epson L120

1. Download software Reset Printer  Epson L120. Kemudian Ekstrak file yang sudah didownload tadi. Buka folder hasil ekstrak seperti dibawah ini.


2. Klik kanan "AdjProg_L120.exe" jalankan Run as administrator

3. Kemudian klik Yes

4. Setelah itu akan muncul seperti bagian dibawah ini, kemudian Klik "Particular adjusment mode"

5. Nanti akan muncul seperti dibawah ini, dan Klik Waste ink pad counter

6. Checklist pada poin Main pad counter, kemudian klik Check bagian bawah seperti gambar, maka akan muncul persentase menggunaan limit printer (Main pad counter pada gambar tidak terceklis. Itu karena penulis printscreen setelah klik Check)

7. Kemudian lakukan seperti dibawah ini. Klik Initialize

8. Maka akan muncul dialog / pop up, kemudian Klik OK

9. Muncul pop up dibawah ini Please turn off the printer yang artinya Silahkan Matikan printer. Kemudian Klik OK

10. Setelah itu muncul pop up Please reboot the printer yang artinya nyalakan kembali/restart printer. Kemudian Klik OK

11. Coba lihat hasilnya maka penggunaan limit printer akan kembali menjadi 0, yang artinya limit printer sudah tidak ada dan sudah siap mengulang baru lagi untuk mencetak. Kemudian Klik Finish

12. Nanti akan muncul kembali seperti pada poin kelima, Tutup saja (Klik tanda silang)

13. Sudah sampai tahap akhir klik saja Quit

Sudah selesai, dan Printer Epson L120 sudah normal kembali dan printer bisa cetak kembali seperti semula. SELESAI. Demikian cara Reset Printer Epson L120, semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel